24 Februari 2012

Cara Praktis Menurunkan Berat Badan

Aku sebagai anggota orang gemuk (yang sepanjang jalan kenangan seingatku, aku selalu gemuk - hehe), pernah (sering) bertanya-tanya dalam hati, bagaimana artis-artis itu menurunkan berat badan dengan cepat misalnya setelah melahirkan. 

Ada yang bilang mereka diet ketat (kayak apa sih diet ketat, teman-teman juga banyak yang diet ketat tapi langsingnya sebentar doang... nanti juga gemuk lagi... *pengalaman diri sendiri*),  rajin olah raga (mangut-mangut ... hayooo ngaku pada malas olahraga kan), ikutan pusat pelangsingan (judulnya muahaaaal).

Mungkin ada benarnya juga tentang ide kalau memiskinkan diri pasti kurus... hahaha... ga punya u.a.n.g untuk beli makanan enak-enak jadi kurus.
Tapiiiii lha itu bibi tukang cuci aku yang seharian kerja di 4 rumah dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam yang kerjanya nyuci, gosok, nyapu, ngepel di 4 rumah demi memenuhi kebutuhan hidupnya yang pas-pasan .....teteuuup gemuk... 
Berarti ibu-ibu ga ada alasannya yaaaa ngakunya rajin olahraga tapi sebenernya olah raga nyuci baju pakai tangan *gusreuk gusreuk* plus ngepel jongkok ... emang sih keluar keringet juga tapi itu bukan keringet dari olah raga yaaaa...

Lalu bagaimana supaya berat badan bisa turun... kita ga mau kurus dan langsing... kurus dan langsing itu mah BONUS tambahan. Sebenarnya tujuan kita cuma mau menurunkan berat badan dan supaya tambah sehat aja. Bener kaaaan yaaa...

Rasanya ide dari buku yang aku baca (cara praktis menurunkan berat badan -Dr Widjaja Kusuma) ada benarnya juga. Beliau menulis tentang puasa mini yaitu puasa untuk mengurangi asupan kalori dan lemak tanpa mengurangi laju metabolisme (kayaknya sekarang 'hot issue' -bukan istilah puasa mini-nya tapi pengaturan pola makannya).
Tanpa mengurangi laju metabolisme artinya tetap makan pada jam yg ditentukan dengan porsi kecil-kecil
(teman-teman sering kan yaaaa kalau diet ga makan sama sekali atau makan sekali kenyang... ini bisa memperlambat metabolisme.. ini yang bisa bikin berat badan yoyo.. naik turun... naik turun)

Kebetulan bulan februari ini Oriflame mengeluarkan produk baru berupa nutrishake yang bisa membantu mencapai berat badan ideal (weight loss) dan membantu menjaga enegi dan berat badan (well-being). Minum nutrishake-nya 30 menit sebelum makan.

Contoh pengaturan pola makan dengan nutrishake :
(ini ala aku ya... bukan jurnal ilmiah... bukan nyontek... bukan copas....hehe.... tapi pengaturan makan seperti ini berguna banget lho... googling deh tentang pola makan kalau ga percaya)

sarapan 
1 porsi minuman nutrisi 
(aku : minum nutrishake strawberry 1 scoop dishake dengan 150 ml yogurt plain rendah lemak, sekarang lagi berhadiah scoop dan shakernya lho)
1 iris roti gandum (gampang belinya karena sari roti yang gandum ada dimana-mana)
dengan olesan selai diet 

cemilan pagi (sekitar jam 10 pagi)
1 buah segar

makan siang
1 piring isinya :  
1\4 nasi dan lauk 
3\4 sayuran

cemilan sore (jam 16)
1 porsi minuman nutrisi (kali ini yang rasa vanila dengan yogurt grape)

makan malam
1 piring isinya : sayuran
(kalau ga bisa makan sayuran doang  ikutin menu siang yaaaa)

Kalau diikutin dijamin sehat dan langsing jadi bonus tambahannya lho..
kalau pengen makan baso dan siomay gimana doooong.... hehe... tenang... tenang... aku tahu perasaan lapar tidak lapar itu seperti apa... udah makan aja tapi ada yg dikurangi yaaaa...
misalnya makan siang diganti semangkok bakso dengan super duper extra daun sawi dan toge ya baaaang...
*sambil berdoa semoga abangnya ga marah
tapiiiii jangan keseringan yaaaa... sesekali sih boleh nakal dikiiiit...
kalau udah minum nutrishake pasti deh keinginan makan banyak agak berkurang.

Aku sudah membulatkan tekad untuk meraih tujuan aku untuk -weight loss-
(yuk... mariiii sama-sama aku berjuang)
langkah selanjutnya adalah olahraga.... olah raga ringan saja misal jalan kaki 30 menit tiap hari.... puanase pooool disuruh jalan kaki.... (jalan kakinya subuh dong buuuuu...) plus aerobic atau dansa 3 kali seminggu selama 30 menit... kok dansa... iya dansa aja di dalam kamar sambil setel musik dung deng dung deng... lumayan untuk membakar kalori lho...

oiya last but not least.... kalau makan belum merasa kenyang.... sabaaaaaar bu... jangan nambah makannya.... minum air putih segelas dan tunda aja 20 menitan deh pasti langsung merasa kenyang. Itu sinyal dari tubuh.

Selamat dan sukses langsingnya !!!!!





Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...